Pentingnya Presensi melalui K-Mob bagi ASN Jabar

BANDUNG, DISDIK JABAR -  Aplikasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) K-Mob sangat penting bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Jawa Barat (Jabar).  Selain digunakan untuk presensi kehadiran, K-Mob juga berperan menilai kinerja ASN dari aspek perilaku. 

"Melalui Peraturan Gubernur Nomor 75 tahun 2019, selain dilihat dari aktivitas dan output-nya, penilaian kinerja ASN juga dilihat dari perilakunya. Salah satunya, mengisi kehadiran sebagai kedisiplinan mereka masuk kerja," ungkap Kepala Bidang Sistem Informasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar, Yulia Dewita saat dihubungi, Minggu (27/9/2020). 

Yulia menjelaskan, presensi melalaui K-Mob adalah kunci bagi ASN untuk mengawali aktivitas kerja. Sebab, meski sudah beraktivitas dan melaporkan kinerja harian, hal tersebut tidak dibuktikan jika belum mengisi presensi kehadiran. "Jadi, kunci awalnya adalah kehadiran, baru melaporkan aktivitasnya," tuturnya. 

Ia tak menampik jika ada sebagian ASN yang masih lupa mengisi presensi melalui K-Mob sebab masih dalam tahap adaptasi. Namun, di masa 4.0 saat ini, ASN memang harus mengikuti perkembangan zaman dengan beralih ke budaya digital untuk menjunjung profesionalisme dan disiplin kerja. "(Lupa) ini memang manusiawi, tapi di saat yang sama, kita juga sedang membangun kebiasaan bagi ASN di Jabar supaya lebih disiplin dan terencana," ungkapnya.

Yulia pun berbagi trik bagi para ASN agar tidak lupa mengisi presensi melalui K-Mob. Salah satunya, mengandalkan fitur reminder (pengingat) di gawai. Lebih jauh, ia juga memaparkan ada beberapa fitur di K-Mob yang memudahkan ASN untuk presensi, yakni fitur izin terlambat dan diabsensikan oleh atasan.

"Untuk fitur izin terlambat bisa digunakan ketika ada kendala dalam perjalanan berangkat kerja, seperti macet. Sedangkan fitur dipresensikan oleh atasan bisa dimanfaatkan ketika handphone sedang error atau gangguan," tambahnya. 

Yulia pun mengimbau seluruh ASN, khususnya ASN Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar untuk selalu menggunakan aplikasi K-Mob. "Jangan lupa gunakan aplikasi K-Mob untuk mencatat kehadiran," imbaunya.***

 

Sumber: http://disdik.jabarprov.go.id/news/2366/pentingnya-presensi-melalui-k-mob-bagi-asn-jabar

Baca juga berita berikut :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property 'chat_status' of non-object

Filename: bkr/template.php

Line Number: 263

Backtrace:

File: /home/portal.smkn1bogor.sch.id/public_html/portalweb/application/views/bkr/template.php
Line: 263
Function: _error_handler

File: /home/portal.smkn1bogor.sch.id/public_html/portalweb/application/controllers/Berita.php
Line: 117
Function: view

File: /home/portal.smkn1bogor.sch.id/public_html/portalweb/index.php
Line: 315
Function: require_once